Sejak tahun 2003 yang lalu saya sering mengikuti seminar mr. Tung Desem. pada waktu itu seminarnya tidak bervariasi seperti saat ini. Ia hanya melakukan seminar gratis untuk mengiklankan seminar orang lain antara lain Anthony robbins dan Robert kiyosaki.
sekitar tahun 2006 terjadi perubahan drastis dari Mr. Tung. ia mulai menerapkan bisnis model yang benar-benar berbeda. ia juga melakukan manuver marketing yang sangat menarik.
saya mulai mencari tahu dari orang-orang dekatnya. saya sangat penasaran dan ingin tahu kepada siapakah ia menimba ilmu marketing,mengapa tiba-tiba ia bisa sehebat itu?
akhirnya saya mendapatkan informasi bahwa ia belajar kepada seorang guru marketing ternama dunia, mau tahu siapa orangnya? nanti akan saya beritahukan....
perbedaan bisnis model mr.Tung dari yang lama dan yang baru sangatlah signifikan. Bila sebelumnya ia hanya mengiklankan seminar orang lain dan mengambil komisi dari orang-orang yang ikutan seminar tersebut maka bisnis model baru yang ia terapkan adalah :
-sistem funneling dengan variasi produk dan layanan yang lebih luas
-mentoring dengan pembayaran bulanan yang biasa disebut membership model
- front end produk berupa buku, cd, dvd yang didalamnya berisi ajakan untuk mengikuti seminar gratis
- seminar gratis dari satu hingga tiga hari yang isinya kebanyakan menawarkan produk-produk yang telah mereka kembangkan terlebih dahulu
- Big fish mentoring yang biasanya merupakan funneling yang paling mahal, sekitar 15-30 juta rupiah
- dan lain sebagainya
Untuk saat ini hanya JAY ABRAHAM dan murid-muridnya yang menerapkan ilmu-ilmu yang saya sebutkan diatas. Benar sekali, pada tahun 2005 lalu ternyata Mr. Tung membayar mahal (sekitar Rp. 50 juta) untuk mengikuti seminar Jay Abraham di singapura untuk pertama kalinya dan sejak itu bahkan hingga saat ini ia selalu meluangkan waktu untuk belajar dari seminar JAY ABRAHAM.
No comments:
Post a Comment